Jumat, 26 Maret 2010

Macam-macam Sistem Operasi

Sistem Operasi atau Operation system adalah sebuah software yang bertugas mengontrol langsung perangkat keras dan melakukan fungsi-fungsi dasar sebagai penghubung antara pengguna (user) dengan perangkat keras (device), termasuk menjalankan software aplikasi.

pada dasarnya sistem operasi adalah media yang menghubungkan antara manusia dari segi user dan mesin dari segi device/hardware sehingga user tidak perlu lagi memasukkan perintah atau instruksi-instruksi yang hanya bisa di kenali oleh mesin atau bahasa mesin.
berikut ini beberapa macam sistem operasi yang ada saat ini:
1. UNIX
Merupakan induk linux.

2. DOS
Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam.
3. Novell Operating Sistem
Dibuat oleh Novell Corporation.
4. Microsoft Windows
Merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi Microsoft Windows yang terkenal: Microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista, Windows 7 dan yang sedang di rilis,yaitu Windows 8.
5. Apple Machintos
Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa.
6. Linux
Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas.
7. Solaris
Dikembangkan oleh Sun Microsystem. Lebih banyak digunakan untuk perusahaan.
8. Free BSD
Dibuat oleh Universitas Berkeley. Hampir sama seperti linux.
Sistem Operasi untuk handphone:
1. Symbian
Sistem operasi yang populer di kalangan para pengguna handphone. Kebanyakan handphone nokia menggunakan symbian sebagai sistem operasi. Versinya antara lain S40, S60, S9
2. Microsoft Windows Mobile
Sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan Windows pada komputer.
3. Palm OS
Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.
4. Android
Sistem operasi untuk handphone yang akan diluncurkan Google. Android berbasis Linux sehingga termasuk open source.


dari daftar diatas yang paling banyak digunakan saat ini adalah sistem operasi besutan Microsoft yaitu Windows yang sekarang dengan rilis terbarunya yaitu Microsoft Windows 8. selain itu juga ada yang namanya Linux dari keluarga Unix dengan basis opensource yang kalau menurut saya sih nggak kalah dengan buatan microsoft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

translate

My Blogs

Labels

Followers

Web hosting for webmasters